Dari Mana Saja Sumber Penghasilan Blogger Indonesia?

Dari Mana Saja Sumber Penghasilan Blogger Indonesia?

Dengan penghasilan dari Google Adsense, para blogger memang tak bisa dipungkiri akan mendapatkan penghasilan yang besar. Oleh karena itu, banyak orang yang menjadikannya sebagai profesi yang menguntungkan. Nah pastinya kamu penasaran kan dengan berapa rata-rata penghasilan blogger Indonesia?  Simak penjelasan di bawah ini.

Untuk menjadi blogger yang sukses, dibutuhkan proses yang panjang. Hitungannya bukan byulan, namun tahun. Ambil saja contoh seorang blogger ternama, Pete Cashmore yang memiliki situs Mashable saat ini memiliki penghasilan Miliaran rupiah tiap bulannya membutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum sukses. Lalu bagaimana hingga mencapai sebanyak itu?

8 Sumber Penghasilan Blogger Indonesia

Berikut kami akan memberikan gambaran sumber penghasilan seorang blogger yang terdiri dari beberapa kriteria dan jenis konten:

Konten Bersponsor

Sebagian besar penghasilan Blogger didapatkan dari Konten bersponsor atau bisa disebut sebagai Sponsored Content. Sumber penghasilan jenis ini memanfaatkan popularitas blog atau situs yang kamu miliki sehingga para perusahaan akan mengiklankan produknya secara langsung. Kamu akan diminta melakukan review sebuah produk dari perusahaan tersebut.

Namun demikian, sebuah perusahaan tidak akan sembarangan dalam memilih situs untuk beriklan. Mereka akan mencari situs atau blg yang ramai lalu lintas/traffic. Seperti prinsip dasar orang berjualan yang akan mencari di tempat keramaian. Biasanya, konten bersponsor ini disediakan oleh perusahaan tersebut, dan blogger tinggal memgulasnya dalam sebuah konten berjenis review.

Jika kamu baru punya blog atau situs, maka agak sulit untuk mendapatkan langsung sumber penghasilan jenis ini. Kamu harus membangun blog kamu terlebih dulu agar banyak pengungjungnya lalu barulah sebuah perusahaan tertarik untuk memasang sponsored produk di blog kamu.

Bila sebuah konten bersponsor berharga 100.000 hingga 200.000 untuk blog yang memiliki pengunjung 20.000 user per bulan, maka secara kasar bisa dihitung bahwa penghasilan seorang blogger bisa mencapai Rp 1 juta rupiah bila diasumsikan satu perusahaan memasang 5 konten bersponsor di blog kamu.

Display Ads

Ini menjadi salah satu sumber penghasilan blogger Indonesia paling umum yang bisa dicoba. Display Ads maksudnya adalah pada blog atau situs kamu menampilkan iklan, dan dari iklan tersebut, kamu berharap klik dari pengunjung. Banyak situs layanan yang menyediakan iklan tersebut di antaranya yang paling umum tentunya adalah Google Adsense, lalu ada Adnow, IDBlogNetwork dan lain-lain.

Untuk penghitungan kasar, misalnya blog kamu punya pengunjung rata-rata 70.000 dalam sebulan. Maka pendapatan dari Display Ads kamu kira-kira bisa mencapai Rp 3 juta dalam sebulan. Hal ini tergantung pada jenis situs penyedia layanan iklan apa yang kamu gunakan krena setiap penyedia layanan iklan memberikan harga berbeda untuk setiap iklan yang diklik pengunjung.

Iklan Mandiri

Berikut ini, tidak seperti Display Ads, kamu sebagai blogger bisa mendapatkan iklan secara mandiri. Maksudnya kamu menawarkan slot iklan di blog kamu untuk siapa saja yang mau beriklan. Berbeda dengan Display Ads karena ia mencarikanmu iklan. Tetapi jika iklan mandiri kamu murni mencari iklan sendiri dari jangkauan yang kamu miliki.

Langkah ini biasanya dikakukan bila kamu sudah memiliki pengunjung yang banyak dan nama blog yang sudah besar. Perlu diketahui juga bahwa iklan mandiri ini cukup berbeda dengan sponsored konten, karena blogger yang menawarkan langsung ke perusahaan. Konten yang dimuat juga bukan hanya produk review saja, melainkan bisa juga dengan hanya pemasangan banner.

Satu slot iklan untuk blog yang punya pengunjung 50.000 per bulan, biasanya dihargai dengan biaya Rp 100.000. Misalnya, perusahaan tersebut mengambil 4 solt yang disediakan, maka blogger tersebut mendapat penghasilan sebesar Rp 400 ribu dari iklan mandiri.

Menjual Jasa

Selain dengan 3 sumber penghasilan di atas, penghasilan blogger Indonesa rata-ratra juga didapat dengan cara menjual jasa. Sebagai seorang blogger, kamu bisa menjual jasa yang kamu kuasai yang berhubungan dengan blog misalnya seperti jasa pembuatan website, jasa membuat template website atau blog dan jasa SEO.

Jasa Pembuatan Website

Perusahaan besar yang belum memilkiki website, bisa tertarik bila kamu menawarkan jasa untuk membuatkan website miliknya. Pasalnya, dalam era serba teknologi seperti sekarang ini, website menjadi hal penting dalam pemasaran produk sebuah perusahaan. Kamu bisa mematk harga sesukamu untuk jasa pembuatan website ini tergantuk dari kerumitan, desain dan tipe dari website itu sendiri.

Biasanya perusahaan tidak akan tanggung-tanggung dalam mengeluarkan biaya bagi website barunya. Kamu sebagai bloger bisa mendapat 2 hingga 10 juta dari proyek membuatkan website bagi sebuah perusahaan.

Jasa Bikin Template Blog atau Situs

Kamu juga bisa memeroleh penghasilan dari membuatkan template blog atau sitsu dari sebuah perusahaan. Jika perusahaan itu sudah memilki website, maka tugas selanjutnya adalah membuat website tersebut menarik. Kamu bisa melakukannya dengan membuat template yang lebih bagus dan premium. Kamu bisa mematik harga Rp 100-200 ribu untuk satu desain.

Jasa SEO

SEO atau Search Engine Optimization menjadi hal penting dari pemasangan digital di era ini. Kemampuan ini memungkinkan sebuah konten terindeks di mesin pencarian sehingga ia banyak diminati oleh orang. Para blogger yang lebih paham mengenai hal ini dapat memanfaatkan keahliannya untuk mengoptimalkan website sebuah perusahaan atau blog milik orang lain.

Taruhlah harga 100 ribu hingga 1 juta, para blogger akan dapat penghasilan tambahan tergantung dengan kualitas SEO dan backlink yang diberikan.

Penghasilan Blogger Indonesia di atas tidak mutlak karena hanya sebagai gambaran saja. Kamu bisa menghasilkan uang lebih bila blog atau situs yang kamu milki sudah punya pengunjung lebih banyak.

Leave a Reply