Cara Membuat Website Untuk Toko Online

2 min read

Kemanjuan teknologi saat ini sangatlah menguntungkan bagi berbagi pihak terterkecuali pebisnis. selain kecepatan mengakses informasi dari Internet, saat ini sudah sangat umum seorang pebisnis membuat sebuah website untuk kepentingan bisnisnya.

Toko Online salah satu, dengan sangat populernya marketplace seperti lazada, tokopedia, bukalapak, shopee dan lainnya membuktikan bahwa internet dapat meningkatkan keuntungan dalam bisnis.

Dengan berbagai kemudahan dari saat mencari, membeli hingga menerima barang tanpa harus capek-capek keluar rumah adalah satu fakta yang tidak bisa kita pungkiri.

Tapi, ada sebuah kenyataan pahit yang berefek pada pemilik toko atau pebisnisnya.

Apa itu?

Perang harga, perang harga adalah suatu keniscayaan ketiak kita terjun kedalam marketplace dan di sana terdapat banyak sekali produk yang sama dengan harga yang berbeda-beda.

hal semacam itu akan memancing para pembeli untuk membeli barang dengan harga termurah, meskipun ada testimoni ataupun rating yang dapat mereka jadikan sebagai patokkan dalam membeli.

Lalu apa solusinya? Buatlah tokomu sendiri.

bagaimana caranya? simak sampai selesai

Cara Membuat Website

sebetulnya membuat website itu sangatlah mudah, sedikitnya ada 3 point yang harus anda pahami .

Domain & Hosting

Domain adalah alamat situs atau toko online Anda. seperti tokopedia.com. bukalapak.com dan sebagainya, dan usahakan nama domain Anda juga .com atau .co.id karena itu lebih familiar ditelingan banyak orang, meskipun banyak ekstensi domain selain .com ataupun .co.id.

Hosting adalah tempat untuk meletakkan file-file website Anda, ibarat bangunan. domain adalah alamat rumah, dan hosting adalah rumahnya.

Saat ini ada banyak sekali penyedia layanan domain dan hosting dan semuanya mengklaim termurah dan tercepat.

Tapi bagi saya Hosting Murah dan terpercaya ya cuma Hostingan ID. 35 Ribu perbulan sudah Gratis Domain dengan minimal pembelian 1 Tahun.

Bahkan jika Anda hanya ingin membeli domain, di Hostingan ID juga terhitung murah, karena harga domainnya sudah termasuk PPN tidak seperti penyedia layanan lain yang harganya belum termasuk PPN.

Taruh kata domain .com di Hostingan ID di bandrol 100Rb pertahun, itu lebih dari penyedia jasa lain yang membandrol domain 99RB pertahun tapi belum termasuk PPN.

Coba deh dihitung 99RB + PPN 10%, ketemunya 108,900. belum lagi biaya transfer jika beda Bank.

Biar leluasa bisa Check domain murah di Hostingan ID langsung dengan tombol dibawah ini

WordPress dan Template

WordPress adalah sebuah Content Management System yang memungkinkan kita untuk membuat website dengan mudah, tanpa harus membuat dari awal.

WordPress sendiri sudah sangat terkenal diseluruh dunia dan banyak dipakai untuk berbagai keperluan, seperti Web Personal, Blog, Company Profile, Media Massa, Forum, Sosial Media dan Toko Online.

Karena sudah sangat terkenal, terdapat banyak template atau Theme dalam bahasa WordPress, yang sangat menarik.

Apa fungsi Template ? Di atas sudah sempat disinggung tentang keperluan-keperluan seperti Company Profile, Blog dan Toko Online itu semua adalah fungsi Template.

Walapun sebagian membutuhkan plugin atau menambahkan fitur-fitur tersebut, plugin adalah skrip atau kode tambahan agar wordpress memiliki fitur baru. salah satunya woocommerce, woocommerce adalah plugin untuk membuat Toko Online.

Tapi Saat ini Anda sudah bisa membuat toko Online hanya dengan Template WAORDER tanpa plugin-plugin lain.

Template ini sudah sangat lengkap dan bagus

Ada fitur Check Ongkir (jika Anda Menghendaki) dan Order By WhatsApp

Sangat Simple dan Praktis. Anda bisa membelinya dengan Klik Tombol Di bawah ini

Sumber Trafik

Trafik adalah orang-orang yang berkunjung diwebsite Anda dan kemudian mereka membeli produk-produk yang Anda pajang diwebsite Anda.

Nah pertanyaan darimanakah mereka datang?

Mereka bisa datang darimana saja, tapi yang jelas ada 2 platform yang sangat jelas, yakni Sosial Media dan Mesin Pencari seperti google.

Lalu? Memang untuk website baru tidak akan mudah mendapatkan trafik selayaknya website-website lawas. karena kita sudah tau darimana mereka data maka gunakan strategi promosi untuk mengundang mereka datang ke toko kita.

Bagi Anda yang memiliki segmentasi pasar dimana mereka hobi bersosial media, maka rajin-rajin lah memposting produk disosial media, dan berikan link menuju website kalian.

Dan untuk google, akan datang secara otomatis ketika situs Anda sudah mulai dikenal oleh banyak orang. maka rajin-rajinlah untuk memposting baik di sosial media ataupun media lain seperti sticker, broadcast message, lomba-lomba review situs dan sebagainya.

Intinya adalah buatlah situs atau toko online Anda sering dikunjungi oleh banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *