Cara Cek Plagiarisme, Gunakan Situs-stus di Bawah Ini

Cara Cek Plagiarisme, Gunakan Situs-stus di Bawah Ini

Plagiarisme marak terjadi kepada para penulis, blogger atau publisher yang menyajikan konten dengan jenis tulisan yang ada di website atau blog. Istilah copy-paste artikel ini sudah marak terjadi di dunia internet dan hal tersebut melanggar hak intelektual bagi para penulisnya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada kamu yang menjadi blogger, lakukan lah cek plagiat. Berikut cara cek plagiat yang akan dijelaskan secara lebih lanjut.

Cek plagiarisme saat ini dapat dilakukan dengan mudah secara online. Kamu tinggal menuju alamat situs yang tersedia, lalu kamu bisa mendeteksi plagiarisme yang ada di sana. Sebelum mempublish artikel di blog atau situs kamu, sebaiknya lakukan pengecekan plagiarism melalui aplikasi atau situs-situs berikut ini:

Small SEO Tools

Aplikasi pertama yang akan dijelaskan adalah Small SEO Tools. Pada aplikasi ini, ada fitur yang bernama Plagiarism Checker yang brfusngis mendeteksi apakah ada plagiarism di artikel yang kamu tulis. Sebelum mengunggah artikel, para blogger memasukkan artikel yang ia tulis ke Small SEO Tools ini untuk memastikan tidak ada plagiasi di dalam kontennya.

Nah untuk melakukan pengecekan, kamu hanya perlu mengcopy isi artikel kamu pada kolom yang sudah disediakan, lalu cek lah dengan tekan tombol yangh tersedia. Perlu diketahui kamu hanya bisa memasukkan 1000 kata di Small SEO Tools. Jika knten kamu lebih dari itu, kamu bisa melakukan pengecekan dua kali.

Duplichecker

Cara cek plagiat selanjutnya yakni melalui situs bernama Duplichecker. Penggunaan aplikasi atau sitsu ini sangat mudah dan gampang diikuti. Copy-paste konetn artike kamu pada kolom yang disediakan, lalu akan muncul apakah ada plagias atau tidak. Duplichecker akan menampilkan link artikel di internet yang kamu plagiasi.

Meski begitu, kamu harus membayar untuk menggunakan jasa aplikasi atau situs ini. Versi gratis dari aplikasi ini memiliki fitur terbatas dan tidak sebanyak versi pro yang berbayar. Untuk versi gratis, kamu hanya bisa memasukkan 1500 kata per hari.

Unicheck

Selanjutnya, aplikasi atau situs untuk mengecek plagiasi adalah Unicheck. Tidak kalah dengan Duplichecker dan Small SEO Tools, aplikasi ini cukup populer digunakan untuk orang-orang yang bekerja dengan menghasilkan tulisan seperti blogger, penulis, peneliti, guru atau dosen hingga editor sebuab media atau majalah.

Cara melakukan pengecekan adalah dengan mengunjungi unicheck.com, kemudian copy-paste artikel kamu ke kolom yang sudah disediakan. Hebatnya, tidak ada batasan untuk memasukkan berapa kata untuk mengecek. Unicheck bahkan mampu mengecek hingga 16 miliar halaman internet. Namun demikian, layanan ini mmebutuhkan biaya berlangganan. Jika versi gratis, kamu hanya bisa mencoba sebanyak 275 kata saja.

CopyScape

Copy Scape adalah sebuah situs atau layanan aplikasi cara cek plagiat artikel atau konten kamu. Kamu bisa menggunakannya secara gratis, namun jika tidak puas, kamu juga bisa menggunakan versi berbayar karena fitur yang ditawarkan lebih banyak. Untuk para penulis blog, kamu juga bisa mendapatkan proteksi atau perlindungan untuk blog kamu agar tidak melakukan plagiasi.

Jadi CopyScape akan melakukan pemantauan secara berkala kepada situs kamu. Kemudian mereka akan memindai secara otomatis bila teradi plagiasi dari artikel lain.

Writecheck

Beralih ke aplikasi atau sitsu selanjutnya yakni bernama Writecheck. Wrietchecj memiliki fitur utama untuk melakukan pengecekan plagiasi di dalam sebuah tulisan. Namun selain itu, keunggulan lain dari aplikasi ini adalah ia dapat mengoreksi kesalahan dalam penulisan atau ejaan pada tulisan atau artikel kamu.

Cara penggunaannya sangat mudah. Kamu tinggal copy-paste seperti pada aplikasi-aplikasi yang sudah kita bahas sebelumnya. Atau kamu juga bisa mengupload file tulisan kamu baik itu dalam bentuk word, pdf, txt. Kemudian Writecheck akan memberikan link yang akan tertuju pada artikel asli di internet bila ada plagiasi yang kamu lakukan.

  • Viper anti-plagiarism scanner

Layanan satu ini berbentuk aplikasi, bukan situs. Kamu bisa mendownloadnya terlebih dulu dan memasangnya di laptop atau PC kamu sebelum menggunakannya. Setelah terinstal, lakukan registrasi terlebih dulu dan lakukan pengecekan dengan copy-paste artikel kamu. Buktikan jika kamu tidak melakukan plagiasi atau mencontek.

Viper anti-plagiarism scanner memiliki lebih dari 10 miliar database dari mesin pencari Google sebagai pembanding artikel yang melakukan plagiasi. Aplikasi ini bisa diupdate untuk mendapatkan database baru.

PlagTracker

PlagTracker bia digunakan secara online untuk mengecek plagiasi dengan cara mengunuungi langsung situsnya. Setelah memasukkan teks di klom yang disediakan, lalu kamu akan ditampilkan laporan hasil scan plagiarism. Laporan tersebut juga menyertakan link atau tautan dari artikel yang diplagiasi atau dicontek.

Meski demikian, kamu hanya bisa menggunakan PlagTracker maksimal untuk 5000 kata. Jika kamu ingin lebih, maka kamu harus mendaftar sebagai member premium yang tentu saja dikenakan biaya untuk langganan.

PlagScan

Hampir sama dengan PlagTracker, PlagScan ini juga merupakan sebuah layanan untuk cek plagiasi. Kamu bisa langsung memasukkan teks pada kolom yang sudah disediakan di situs itu, atau kamu juga bisa mengunggah file tulisan kamu (misalnya dalam bentuk pdf, word, atau lainnya). Lalu kamu akan mendapatkan laporan apakah ada plagiasi dalam format persen.

Dengan mengetahui cara cek plagiat konten artikel online seperti di atas, maka kamu dapat menghindari diri dari melakukan plagiasi. Plagiasi merupakan tindakan melanggar hak-hak intelektual seseorang dan jika kamu melakukannya, kamu sama saja dengan mencontek. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu.

Leave a Reply